Selasa, 18 Februari 2020

Keutamaan Sholat Sunnah Duha


Pada pengajian rutin Senin malam Selasa ini Ustadz Ma'mun Murod membahas tentang Keutamaan Sholat Sunnah diantaranya Sholat duha, Sholat Tahajjud, Sholat Tasbih, Sholat Witir dan lainnya adalah amalan-amalan yang sangat besar nilainya di mata Allah SWT. Sholat Duha itu kira-kira setengah 7 pagi sudah masuk waktunya sampai kira kira jam 11 pagi, Nabi  Bersabda:

Dalam hadits riwayat At-Tirmidzi dan Ibnu Majah dijelaskan bahwa orang yang membiasakan shalat dhuha dosanya akan diampuni oleh Allah SWT, meskipun dosa tersebut sebanyak buih di lautan. Rosulullah bersabda sebagai berikut. من حافظ على شفعة الضحى غفرت له ذنوبه وإن كانت مثل زبد البحر 
Artinya, “Siapa yang membiasakan (menjaga) shalat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Berikut  video penjelasannya sebagai berikut:


“Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at” (HR. Muslim no. 720). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar