Selasa, 15 Oktober 2019

Ta'lim Malam Selasa di Taziah Almarhum Suharyani


Pada malam ini Ta'lim Malam selasa ditempatkan di Rumah almarhum Suharyani malam taziah ke 6
Ceramah taziah oleh Ustadz Ma'mun Murod.

Inti ceramah bahwa umat nabi Muhammad itu umurnya rata-rata 60-70 Tahun doang kalau ada yang 80 taun ke atas itu bonus dari Allah apakah dia tambah taat apa kaga. Beda dengan umat nabi Nuh AS yang usianya bisa sampai 300 tahun.

Mati manusia itu sudah ditentuin cuma Allah saja yang tau, mati itu ada musimnya kaya musim rambutan, musim karuk, musim mangga, musim jengkol, mati juga begitu... ada bae tiap hari kita lihat,  malaekat maut setiap waktu nyabutin nyawa manusia gak berenti berenti gantian tinggal kita nunggu giliran.

Sekarang  mati itu bisa terjadi gak disangka sangka, ada nenek nenek pikun dah 85 tahun kerjaannya jalan sana jalan sini di depan rumahnya, abis madang maen ke rumah cucunya... ditanya udah makan nek?  jawabnya belon, pulangnya dia maen ke rumah anaknya yang laen... ditanya udah madang? belon kagak ada yang ngasih makan dari kemaren begitu dah kalau dah pikun, eh yang begitu kagak mati-mati, eh anaknya yang seger buger yang kerjaannya masih banyak... kecapean pluk beeee mati.

Jadi di jaman sekarang mati itu gampang banget, tar-enter pada plek mati. Sore asar masih sholat... magrib di taziahin, magrib masih sholat... eh isya ditaziahin, subuh masih sholat berjamaah... eh juhur di tajiahin.

Bersiaplah jangan tunda tunda kebaikan, kalau pagi-pagi jangan menunggu nunggu datangnya sore, kalau sore-sore jangan  nunggu  nunggu datengnya  pagi, isilah dengan amal-amal baik. Kalau lagi sehat mah sholat enak, puasa enak, ngaji enak, sedekah enak meski cuma 5000 duit dah lecek, tapi kalau lagi sakit ngapain juga gak enak, coba dah ada bisul meniran di tunggir... ruku berabe, sujud berabe akhirnya segen dah solat, entar be kalo dah waras.

Tapi ada orang yang sehat rumah dekat masjid, badan seger, duit banyak, mobil bagus, rumah gedong eh pas ada azan malah  bungkel, ada yang malah pergi jalan-jalan. dst. Di alam kubur tanpa amal ibarat orang kecebur di laut tanpa alat/perahu, pelampung. Jangan jauh-jauh dah coba Kita berenang di Setu pengasinan gak pake alat-alat apa-apa capenya bukan main.



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar